Selasa, 30 September 2014

Aspek-aspek pendidikan


Aspek-aspek yang akan dikembangkan sepenuhnya mengacu kepada tujuan pendidikan itu sendiri, yaitu :

1.Pembentukan berkepribadian Islam
2.Penguasaan tsaqafah Islam
3.Pembentukan calon ulama masa depan

Aspek pertama adalah pembentukan kepribadian Islam.  Aspek ini merupakan hasil dari pengajaran tsaqafah Islam  dan pengkaderan calon ulama.  Artinya pengajaran tsaqafah Islaam dan pengkaderan calon ulama semuanya diarahkan secara langsung atau tidak dalam rangka membantu pembentukan kepribadian Islam siswa.

Siswa dihantarkan untuk dapat memahami dan mengimani seluruh perkara aqidah Islam, juga perihal hokum-hukum Islam terutama yang berkaitan dengan ibadah fardiyah, halal haramnya makanan dan minuman, pakaian dan akhlaq.  Dengan sistem pesantren, siswa juga diarahkan untuk pembiasaan untuk selalu melakukan ibadah, selalu mengkonsumsi makanan halal, selalu menutup aurat dan bergaul dengan akhlaqul kariimah, giat belajar, bertanggungjawab serta berjiwa mandiri, aktif dan kreatif.

Aspek kedua adalah penguasaan tsaqafah Islam disesuaikan dengan fase perkembangan anak, dimana daya intelektualitasnya semakin bertambah, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah menengah disusun sedemikian rupa agar secara bertahap siswa dihantarkan untuk menguasai tsaqafah Islam, memahami hukum-hukum Islam, khususnya yang berkaitan dengan ibadah fardiyah (shalat, shaum ramadhan, zakat, sadaqah dan lain-lain), halal haram makanan dan minuman, pakaian, akhlaq, muamalah (ekonomi, social, pemerintahan) dan uqubat serta sirah Rasul dan shahabat.  Siswa diarahkan untuk menghafal Al Qur’an 30 juz dalam waktu 3 tahun dan mampu bermuhadasah dengan bahasa secara aktif dan pasif.

Aspek ketiga, pembentukan calon ulama masa depan, program belajar mengajar disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai aspek-aspek yang dibutuhkan untuk menjadi ulama masa depan terutama dalam managemen organisasi, dakwah dan pengabdian masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar