Rabu, 21 Januari 2015

MENYIKAPI HUJAN



Alhamdulillah hari ini hujan turun begitu deras. Semoga membawa keberkahan dari langit.

Ketika hujan turun kita dianjurkan untuk membaca :

أَللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً.

(Ya Alloh jadikanlah hujan yang turun ini lebat dan membawa manfaat)

Namun kadang kita juga memiliki hajat tertentu yang tidak bisa kita tinggalkan, akan tetapi hujan keburu turun. Tanpa bermaksud menolak barokah dari Allah SWT. maka kita dianjurkan untuk membaca :

اَللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اَللَّهُمَّ عَلَى اْلآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُوْنِ اْلأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ.

( “Ya Allah! Hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya, Allah! Berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”)

Permasalahan mengenai hujan memang terkadang banyak sekali hal-hal yang sangat membutuhkan hujan. Namun hujan yang ditunggu-tunggu tak jua turun, sehingga menyebabkan kekeringan. Maka kita dianjurkan untuk shalat Ishtisqa yakni shalat meminta hujan. selanjutnya membaca doa :

اللَّهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْىِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

(“Ya Allah, turunkanlah hujan pada hamba-Mu, pada hewan ternak-Mu, berikanlah rahmat-Mu, dan hidupkanlah negeri-Mu yang mati.")

Demikianlah yang dianjurkan oleh Islam tentang menyikapi hujan. Semoga hari-hari kita senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Dan musim hujan kali ini menjadi berkah buat kaum muslimin seluruhnya. aamiin

Pesantren Nidaa As-Sunnah | SMPIT Nidaa As-Sunnah

0 komentar:

Posting Komentar