Jumat, 08 Mei 2020
Konsep Etika Peserta Didik
Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Sedangkan sumber data utama yang digunakan adalah kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an karya Imam Nawawi yang kemudian ditambah oleh sumber data sekunder berupa buku atau artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode hermeneutik (menginterpretasikan) dengan fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah pemikiran Imam Nawawi tentang etika peserta didik dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep etika peserta didik menurut Imam Nawawi terbagi menjadi dua yaitu etika personal peserta didik dan etika sosial peserta didik. Etika personal peserta didik meliputi konsentrasi belajar, menyucikan hati dan komitmen dalam belajar. Sedangkan etika sosial peserta didik meliputi kewajiban terhadap pendidik dan kewajiban terhadap teman. (2) Aplikasi etika peserta didik yang dipaparkan Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an yakni mengenai memasuki majlis pendidik dengan sifat-sifat yang sempurna, menunggu kehadiran pendidik dengan belajar, dan mengucapkan salam. Etika memasuki majlis pendidik yakni hendaklah peserta didik memperhatikan kebersihan jasmani dan rohaninya. Etika menunggu kehadiran pendidik adalah dengan mempergunakan waktunya untuk belajar dalam artian membaca ayat yang ingin disetorkan berulang-ulang agar sudah siap jika menyetorkan.
By. Muh. Aditya Pratam
0 komentar:
Posting Komentar