Jumat, 08 Mei 2020

Bagaimana merawat anak perempuan dalam Islam



*RANGKUMAN MATERI KITAB  ADABUL MUFROD*
PEMATERI: USTAD TATANG SURYAMAN

Fadiyah
TGL: 06 MEI 2020

Bahwa
Dari imam Bukhari : saya pernah mendengar rasulullah  saw bersabda: siapa  orang yg memiliki 3 anak perempuan dan mereka sabar terhadap mereka dan memberikan pakaian dari usahanya maka 3 anak perempuan itu akan menjadi penghalang dari api neraka

Adapun pada hadist lain: " tidaklah  seorang muslim
yg memiliki  2 anak pwrempuan lalu ia berbuat kepada keduanya kecuali keduanya akan memasukan kedalam syurga"

Adapun yg menjadi aiborang arab ialah ketika di beri anak perempuan..
Padahal perempuan memiliki kehormatan dihadapan allah swt

Dan pada hadist lain: "siapa orang yg memiliki  3 anak perempuan lalu memberi tempat tinggal, mencukupi, mengasihani kepada mereka maka wajib mereka mendapatkan  syurganya..
Adapun anak perempuan yg sudah menikah dan apabila ia diceraikan oleh suaminya atau suaminya meninggal dunia maka sianak itu akan dikembalikan kepada bapakanya.

Keutamaan seorang laki2 ketika memberi nafkah,
Rasulullah  saw bersabda: apa yg engkau berikan makan kepada dirimu maka wahib shadaqoh, apabyg engkaunberikan kepada anaknmu itu adalah shadaqah, apa yg engkau berikan kepada istrimu itupun adalah sodakoh, dan apa yg engkaubberikan kepada pembantu mu itu adalah  shadaqoh..
Itu lah shadaqoh yg paling besar...

Rasulullah : bahwasanya ada seorang laki2 ia memiliki  anak perempuan  maka laki2 tadi berangan2 anak perempuan  nya akan meninggal .. maka ibnu umar marah " apakah engkau ygbmembrikan rizki kepada mereka"...
Karwna sesungguhnya yg memberi rizki ialah allah swt...
Keterbatasan akan menjadi beban bagi laki2 ...

Imam bukhori menyampaikan perkataan abu bakar demi allah tidak ada diatas bumi yg aku cintai kecuali umar bin khattab bagaimana engkau  ketahui 2 orang sahabat  ini mulia dihadapan allah swt dan rasulullah  saw, tetapi mereka lebih memuliyakan orang yg menempel hati nya dwngan anak perempuan nya..

والله أعلم بصاوب

0 komentar:

Posting Komentar