Rabu, 06 Mei 2020

Kanal, 06 Mei 2020
Oleh Ustadz Tatang Suryaman
Kitab Adabul Mufrod
Nama : Halliza Ramdina

   Imam bukhari berkata "telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid ia berkata saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda "Seseorang yang memiliki tiga anak perempuan dan dia bersabar terhadap mereka dan memberikan pakaian terhadap mereka dari usahanya mereka menjadi hijab/penghalang dari api neraka". Atau dalam hadist lain Rasulullah saw bersabda "Tidak seseorang muslim yang dia memiliki dua anak perempuan lalu ia berbuat baik terhadap keduanya kecuali keduanya akan memasukkannya kedalam surga".

   Jika kita melihat kembali ke jaman Rasulullah saw pada saat itu orang-orang kafir quraisy sangat membenci anak perempuan, didalam tradisinya mereka akan membunuh setiap anak perempuan yang lahir pada saat itu. Karena mereka berfikir bahwa anak perempuan itu hanyalah aib bagi orangtuanya.


  •   Rasulullah pun ingin mengubah adat istiadat bangsa arab tersebut karena jika dibiarka tradisi ini maka kemungkinan besar habislah populasi mereka. Maka didalam hadist ini Rasulullah saw menyampaikan sebuah kabar gembira kepada para orangtua yang dianugerahkan oleh Allah swt dengan diberikan tiga anak perempuan yang kata Rasul bahwa jika mereka bersabar lalu memberikan pakaian kepada mereka, maka ia akan menjadi hijab/penghalang baginya dari ancaman neraka. Dan Rasul pun menjelaskan dalam hadist ini bahwa Allah sangatlah menghargai anak perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar