Minggu, 10 Mei 2020

Penjelasan tentang penciptaan Nabi Adam as



Kitab:Al Munir.
Kajian nya melanjutkan ayat yang berikut nya yaitu ayat ke 33 dari surat Al baqoroh yang masih membahas tentang penciptaan nabi Adam as.
        Dalam ayat ini mengisahkan tentang nabi Adam yg diperintah oleh Allah SWT.
Apa perintah nya?yaitu terkait dgn nama2 mrk (malaikat).maka ketika Adam menyampaikan terhadap mrk keadaan setiap benda2 yang diberi nama Kemudian khasiat 2nya dan hukum2nya yg berkaitan dgn kehidupan atau tempat kembali.
         Kemudian Allah berfirman kpd para malaikat, tentang Allah itu mengetahui apa yang di langit dan di bumi dan Allah pun tau apa yg kalian tampakan.
          Didalam ayat ini Allah SWT telah memberikan sebuah ilmu kpd nabi Adam a.s terkait dgn nama2 yang tdk diketahui oleh malaikat.kemudian akhirnya bahwa mrk mengetahui terkait dengan keutamaan Adam dari pada mrk(malaikat) karena banyak hal yg tdk diketahui nya terkait dgn nama2 itu kemudian Allah pun menegaskan bahwa Allah lebih tau terkait dgn berbagai macam hal yg akan tejadi dilangut di bumi.
              Hikmah yang bisa kita ambil adalah jangan lah sampai ada prasangka bahwa Allah SWT tdk tau terkait dgn apa yang ada di dilangit dan di bumi dan Allah juga menegaskan di akhir ayat ini tentang apa yang kita tampakan Allah tau baik itu disembunyikan didalam hati kita atau pun segala yang dilakukan secara terang-terangan.itu saja Wallahu a'lam.

By Abdurahman Al Haris IX

0 komentar:

Posting Komentar