Selasa, 12 Mei 2020

Pembahasan lanjutan surah Al Baqarah Tobatnya Nabi Adam as



Pemateri Ust Tatang Suryaman
Kitab Tafsir
بسم الله تلرحمن الرحيم

Pembahasan lanjutan surah Al Baqarah
Tobatnya Nabi Adam as

Allah swt berfirman "Maka akan menerima dari Rabbnya yaitu beberapa kalimah. Nabi Adam menghafal beberapa kalimah dari Allah swt. Supaya kalimat kalimat tadi menjadi sebab untuk Nabi Adam dan anak anaknya ketika bertobat. Bahwa Nabi Adam as bersama istrinya tergelincir disebabkan oleh gangguan syetan, yang mereka berdua melakukan pelanggaran terhadap apa yang telah dipesan oleh Allah swt, jangan memdekati pohon tersebut. Ketika dilarang mereka berdua mendekati bahkan memakan buah pohon tersebut, yang oleh Allah saw mereka diusir dari tempat tersebut atau dari surga. Ini dianggap perbuatan dosa.
"Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau dan dengan memuji Allah swt. Saya telah melakukan keburukan dan telah melakukan kedzaliman terhadap diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya Engkau sebaik baiknya pemberi ampun.
Itu adalah ucapan tobat Nabi Adam as kapada Allah swt yang diajarkan oleh Allah swt kepadanya.
Alah swt berfirman " kami berkata keluarlah kalian dari surga itu.
Adam dan Hawa dihimbaukan berbagi anak keturunan keduanya.
Allah swt mengatakan begitulah orang orang yang ingkar, Allah swt memberi jaminan yang mengingkari terhadap petunjuk Allah swt, kemudia ada orang yang ke 2, adalah orang yang kafir kepada Rasulullah yang diutus kepada mereka dan merekapun mendustakan terhadap ayat ayat Allah yang diturunkan terhadap mereka dan kalangan manusia ataupun jin, maka diancam oleh Allah swt. Mereka itu adalah para penghuni neraka. Mereka kekal didalamnya dan tidak akan keluar dari dalamnya kemudian mereka tidak akan pernah mati berada di dalam neraka.
Inilah ancaman bagi orang orang yang ingkar terhadap para Rasul dan ayat ayat Allah, mereka akan menjadi penghuni neraka dan kekal didalamnya dan tidak akan mati.

Dendy Lindra Mu'azin

0 komentar:

Posting Komentar