Selasa, 12 Mei 2020

Nabi Adam menghafal beberapa kalimat yang diajarkan supaya menjadi ucapan ketika Adam dan anak keturunannya bertaubat.



*TUGAS RANGKUMAN MATERI KITAB TAFSIR AL MUNIR*
*PEMATERI: USTADZ TATANG SURYAMAN*
*NAMA: *Miqdad mujadid
*KELAS: *9
*SELASA, 12 MEI 2020*

***
Nabi Adam menghafal beberapa kalimat yang diajarkan supaya menjadi ucapan ketika Adam dan anak keturunannya bertaubat.

Ucapan itu ada yang mengatakan:
La ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika rabbi ‘amiltu su-an wa dzalamtu nafsi faghfirli anta khoirul ghofirin
Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena Engkau sebaik-sebaik pemberi ampunan.

Dan menurut ahli tafsir lain doa yang dipanjatkan adalah:
“Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin“
Artinya: Ya Allah, kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.

Maka Allah menerima taubatnya Adam dan kembali dengan rahmat. Seaungguhnya Allah maha penerima taubat dan maha memberikan ampunan kepada hamba hambanya yang bertaubat. Allah juga maha pengasih terhadap rahmat yang mati di atas taubat.

Dan Allah mengulang perkataan kepada Adam untuk keluar dan turun dari surga dikarenakan ketergelinciran mereka sebelumnya. Karena perintah untuk turun ialah untuk merealisasikan janji Allah sebelumnya yakni akan mendirikan khalifah di muka bumi.

Maka atas ini menghimpun atas keduanya dan memungkinkan bagi anak keturunannya yaitu Qabil dan Iqlima yaitu bahwasannya Qabil dan Iqlima dilahirkan disurga dan kedua orangtuanya marah disebabkan Qabil membunuh saudaranya. Maka jika datang kepada kalian wahai keturunan Adam turun petunjuk maka taatilah petunjuk yang Allah turunkan itu.

***

0 komentar:

Posting Komentar